PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

 PERUMUSAN MASALAH

                 Pancasila sebagai ideologi bangsa dan Negara Indonesia, bukan terbentuk secara mendadak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi-ideologi lain di dunia. Namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia.

 

         Secara kualitas,Pancasila sebelum disahkan menjadi ideologi Negara nilai-nilainya telah ada dan berasal dari bangsa Indonesia sendiri yang berupa nilai-nilai adat-istiadat, kebudayaan dan nilai-nilai religius. Kemudian para pendiri Negara Indonesia mengangkat nilai-nilai tersebut dirumuskan secara musyawarah mufakat berdasarkan moral yang luhur, antara lain dalam sidang-sidang BPUPKI pertama, sidang  Panitia Sembilan yang kemudian menghasilkan piagam Jakarta yang memuat Pancasila yang pertama kali, kemudian dibahas lagi dalam sidang BPUPKI kedua. Setelah kemerdekaan Indonesia sebelum sidang resmi PPKI Pancasila sebagai calon ideologi negara dibahas serta disempurnakan kembali dan akhirnya pada tanggal 18 Agustus 1945 disahkan oleh PPKI sebagai ideologi Negara Republik Indonesia.

 

        Permasalahan tentang Ideologi Pancasila bukan hanya sebuah permasalahan mengenai historis dari Ideologi Negara karena substansinya bukan sekedar bersifat cita-cita dan normatif saja namun juga bersifat praktis karena menyangkut operasionalisasi dan strategi. Hal ini karena ideologi Pancasila juga menyangkut hal-hal yang mendasarkan suatu ajaran yang menyeluruh tentang makna dan nilai-nilai hidup, ditentukan secara kongkrit bagaimana manusia harus bertindak. Ideologi Pancasila tidak hanya menuntut misalnya agar setiap warga negara bertindak adil, saling tolong menolong, saling menghormati antar sesama manusia, lebih mengutamakan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi atau kepentingan golongan dan sebagainya, melainkan juga ideologi Pancasila akan menuntut ketaatan kongkrit, harus melaksanakan ini dan itu, dan bahkan seringkali menuntut dengan mutlak orang harus bersikap dan bertindak tertentu. 

 

Lalu sejauh mana Perwujudan Pancasila dalam pelaksanaan fungsinya sebagai ideologi nasional telah dilakukan dan apakah posisi ideologi bangsa Indonesia saat ini sudah sesuai pada koridor yang sesungguhnya atau cenderung eksplisit ke paham-paham lain selain Pancasila? Itulah yang dikaji dalam makalah ini.

 PENDAHULUAN

  1. 1.      IDEOLOGI

Ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

 Secara garis besar ideologi dapat dikelompokan menjadi dua macam tipologi yaitu :
a. Ideologi Tertutup
Ideologi yang tidak mau sama sekali menerima interprestasi-interprestasi baru, walaupun zaman dan masyarakat terus berkembang (kaku).
b. Ideologi Terbuka
Ideologi yang mampu untuk menyesuaikan diri dengan pertumbuhan dan perkembangan masyarakat, yaitu adanya penerimaan terhadap interprestasi baru yang sesuai dengan tuntutan dan perkembangan zaman (fleksibel).

  1. 2.      SEKILAS LAHIRNYA PANCASILA

                 Secara kausalitas asal mula Pancasila dibedakan atas dua macam yaitu: asal mula yang langsung dan asal mula yang tidak langsung. Adapun pengertian asal mula tersebut adalah sebagai berikut:

      1. Asal Mula yang Langsung

a.    Asal mula bahan (Kausa Materialis)

Asal bahan Pancasila adalah pada bangsa Indonesia sendiri yang terdapat dalam kepribadian dan pandangan hidup.

b.    Asal mula bentuk (Kausa Formalis)

Asal mula bentuk Pancasila adalah Ir. Soekarno bersama-sama Drs.Moh Hatta serta anggota BPUPKI lainnya yang merumuskan dan membahas Pancasila terutama dalam hal bentuk, rumusan serta nama Pancasila.

c.     Asal mula karya (Kausa Effisien)

Asal mula karya Pancasila adalah PPKI sebagai pembentuk Negara dan atas kausa pembentuk Negara yang mengesahkan Pancasila menjadi dasar Negara yang sah, setelah dilakukan pembahasan baik dalam sidang-sidang BPUPKI Panitia Sembilan

d.    Asal mula tujuan (Kausa Finalis)

Asal mula tujuan Pancasila adalah para anggota BPUPKI dan Panitia Sembilan termasuk Soekarno dan Hatta yang menentukan tujuan dirumuskannya Pancasila sebelum ditetapkan oleh PPKI sebagai dasar Negara yang sah.

 

2.Asal Mula yang Tidak Langsung adalah terdapat  pada kepribadian bangsa.

PEMBAHASAN

  1. A.    DEFINISI PANCASILA SEBAGAI  IDEOLOGI NEGARA

Pancasila sebagai ideologi negara adalah Pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia, serta menjadi tujuan hidup berbangsa dan bernegara Indonesia.

Berdasarkan Tap. MPR No. XVIII/MPR/1998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR tentang P4, ditegaskan bahwa Pancasila adalah dasar NKRI yang harus dilaksanakan secara konsisten dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

  1. B.     HAKIKAT PANCASILA SEBAGI IDEOLOGI NEGARA

Setiap negara di dunia ini mempunyai dasar negara yang dijadikan landasan dalam menyelenggarakan pemerintah negara. Seperti Indonesia, Pancasila dijadikan sebagai dasar negara atau ideologi negara untuk mengatur penyelenggaraan negara. Hal tersebut sesuai dengan bunyi pembukaan UUD 1945 alenia ke-4 :

‘’Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu Pemerintahan Negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-undang Dasar Negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan Negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasarkan kepada: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, dan Kerakyatam yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia’’

Dalam Pembukaan tersebut menyatakan tentang tujuan nasional. Untuk mencapai adanya suatu tujuan nasional diperlukan adanya landasan dan pedoman yakni Ideologi Pancasila.

  1. C.    IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI TERBUKA

Makna dari ideologi terbuka adalah sebagai suatu sistem pemikiran terbuka.Ciri-ciri bahwa Pancasila merupakan Ideologi Negara Terbuka adalah :

  1. Merupakan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat.
  2. Berupa nilai-nilai dan cita-cita yang berasal dari dalam masyarakat sendiri.
  3. Hasil musyawarah dan konsensus masyarakat.
  4. Bersifat dinamis dan reformis.

Menurut Kaelan, nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai berikut

  1. Nilai dasar, yaitu hakekat kelima sila Pancasila.
  2. Nilai instrumental, yang merupakan arahan, kebijakan strategi, sasaran serta lembaga pelaksanaanya.
  3. Nilai praktis, yaitu merupakan realisasi nilai-nilai instrumental dalam suatu realisasi pengamalan yang bersifat nyata, dalam kehidupan sehari-hari dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.
  4. D.    NILAI-NILAI PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

Nilai-nilai Pancasila yang terkandung di dalamnya merupakan nilai-nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, dan Keadilan. Ini merupakan nilai dasar bagi kehidupan kenegaraan, kebangsaan dan kemasyarakatan. Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif dan subjektif, artinya hakikat nilai-nilai Pancasila bersifat universal (berlaku di manapun), sehingga dapat diterapkan di negara lain.

 

Nilai-nilai Pancasila bersifat objektif, maksudnya:

 

1) Rumusan dari Pancasila itu sendiri memiliki makna yang terdalam, menunjukan adanya sifat umum universal dan abstrak.

2) Inti dari nilai Pancasila akan tetap ada sepanjang masa dalam kehidupan bangsa Indonesia

3) Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan sumber dari segala sumber hukum di Indonesia.

 

Sedangkan nilai-nilai Pancasila bersifat subjektif, bahwa keberadaan nilai-nilai Pancasila itu terlekat pada bangsa Indonesia sendiri, karena:

 

1) Nilai-nilai Pancasila timbul dari bangsa Indonesia

2) Nilai-nilai Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia

3) Nilai-nilai Pancasila terkandung nilai kerokhanian yang sesuai dengan hati nurani bangsa Indonesia

 

Menjadikan Pancasila sebagai ideologi merupakan suatu sumber nilai karena dugunakan sebagai acuan dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara, sehingga Pancasila merupakan asas kerokhanian bagi tertib hukum Indonesia, dan meliputi suasana kebatinan (Geistlichenhintergrund) dari UUD 1945 serta mewujudkan cita-cita hukum bagi hukum dasar negara.

 

  1. E.     PRINSIP PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA

 

Menjadikan Pancasila sebagai Ideologi Negara memiliki beberapa prinsip yang digunakan sebagai implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun prinsip itu antara lain :

1)     Prinsip Ketuhanan

Digunakan sebagai acuan dalam kehidupan beragama.Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mengakui adanya Tuhan Yang Maha Esa dan non-ateisme.Hal ini menjadi pilar dalam menghormati dan menghargai keberagaman agama di Indonesia.

2)     Prinsip Perikemanusiaan

Mengakui dan memperlakukan manusia sesuai dengan harkat dan martabatnya sebagai mahluk Tuhan.

3)     Prinsip Kebangsaan

Mengakui bahwa setiap warga negara mempunyai kedudukan, hak dan kewajiban yang sama dalam aspek kehidupan berbangsa dan bernegara.

4)     Prinsip Kedaulatan Rakyat

Menghendaki bahwa setiap tindakan negara harus berdasarkan keinginan rakyat bukan berdasarkan keinginan penguasa.

5)     Prinsip Keadilan Sosial

Menghendaki bahwa tujuan negara adalah mewujudkan keadilan sosial secara merata dan adil bagi seluruh warga negara Indonesia.

  1. F.     IDEOLOGI PANCASILA DITENGAH IDEOLOGI LAIN DAN ERA GLOBALISASI

Pancasila menjadi salah satu Ideologi yang mampu bertahan dalam kungkungan Ideologi besar lain di dunia seperti Ideologi Kapitalisme-Liberalisme,Ideologi Sosialisme dan Ideologi Islam. Ideologi Pancasila memiliki ciri-ciri yang unik dari Ideologi yang lain yakni :

  1. Menyeimbangkan antara urusan agama dan negara.Tidak seperti ideologi lain yang menekankan pada satu unsur saja atau memisahkan antara urusan keduanya atau bahkan tidak percaya mengenai salah satu unsur tersebut.
  2. Menyeimbangkan hak,kepentingan dan kewajiban warga negara baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial.Ideologi lain lebih menekankan pada salah satu unsur saja.
  3. Sesuai dengan kodrat manusia dan prinsip Hak Asasi Manusia.Pancasila memberikan ruang yang terbuka bagi manusia untuk saling menghargai dan menjunjung tinggi kemanusiaan.

Kelebihan yang dimiliki oleh Ideologi Pancasila inilah yang membuat Pancasila mampu bertahan di era globalisasi dan dan tetap terpelihara eksistensinya di masyarakat Internasional.

 KESIMPULAN

     GambarLahirnya Pancasila bukanlah semata-mata hanya mengikuti dari Negara lain. Tapi Indonesia sebagai ciptaan original bangsa Indonesia yanga dibentuk oleh para founding fathers dengan berbagai pertimbangan dan pemikiran. Melalui beberapa tahap persidangan yang cukup lama hingga akhirnya lahirlah Pancasila yang terdiri dari: Ketuhanan Yang Maha Esa, Kemanusiaan yang adil dan beradab, Persatuan Indonesia, Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

 

     Karena ke-original-nya itulah Pancasila sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai macam kompleksitas masalah di Indonesia karena Pancasila merupakan sebuah kekuatan ide yang berakar dari bumi Indonesia untuk menghadapi berbagai macam masalah di dalam negeri maupun sebagai sistem syaraf atau filter terhadap berbagai pengaruh luar sekaligus menyeleksi hal-hal baik untuk diserap, dan sebagai sistem dan pandangan hidup yang merupakan konsensus dasar dari berbagai komponen bangsa yang plural ini.

    

      Dengan Pancasila, moral sosial, toleransi, dan kemanusiaan, bahkan juga demokrasi bangsa ini dibentuk. Dengan menjadikan pancasila sebagai pedoman dalam menghadapi globalisasi bangsa Indonesia akan tetap bisa menjaga eksistensi dan jati diri bangsa Indonesia bahkan ditengah era globalisasi sekalipun.

 

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s